Modus Ganjal ATM Kembali Marak! Waspada dan Ikuti Tips Ini Agar Aman Bertransaksi

Modus Ganjal ATM Kembali Marak! Waspada dan Ikuti Tips Ini Agar Aman Bertransaksi

Ilustrasi cara aman dari modul bobol ATM--Freepik

FIN.CO.ID - Berikut ini akan membagikan tips aman adanya modus ganjal kartu ATM.

Kepolisian Resor Kudus, Jawa Tengah mengingatkan warga untuk mewaspadai aksi kejahatan untuk menguras uang nasabah di rekening dengan modus mengganjal kartu ATM di mesin.

Pelaku akan mencuri kode keamanan PIN beserta kartu ATM-nya.

"Jika menghadapi permasalahan kartu ATM tertelan atau tidak bisa keluar dari mesin ATM, sebaiknya langsung lapor ke lembaga perbankan terkait. Kalaupun ada yang menawarkan bantuan, lebih baik lapor ke bank aja," ucap Waka Polres Kudus Kompol Satya Adi Nugraha dalam konferensi persnya.

BACA JUGA:


Adi Nugraha meneruskan, kasus ini datang dari nabasah Bank BRI yang uang rekeningnya terkuras habis oleh komplotan penjahat.

Kejadian terjadi pada 2 Maret 2024. berinisial DB, mengalami kendala dengan kartu ATM-nya di mesin ATM Rendeng Kudus.

Ketika kartu ATM tidak keluar dari mesin, seorang yang tidak dikenal menawarkan dari empat pelaku pengganjal kartu ATM, berinisial SE di rumahnya di kabupaten Ogan Komerin Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan.

Pelaku telah diamankan dan tiga pelau sedang dalam pengenjaran. Mengenai peristiwa ini penting bagi masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat menggunakan mesin ATM.
Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda agar tidak menjadi korban modus ganjal kartu ATM:

BACA JUGA:


Jangan Percaya Orang Asing

Bagi kalian mengalami kendala dengan mesin ATM, laporkan langsung pihak bank terkait. Hindari menerima bantuan dari orang yang tidak dikenal di sekitar mesin ATM.

Lindungi PIN ATM

Kalian harus tutup keypad ATM saat memasukkan PIN Anda. Jangan pernah memberitahu PIN ATM kepada siapapun, bahkan kepada petugas bank.

Periksa ATM

Sebelum menggunakan mesin ATM, periksa apakah ada sesuatu yang mencurigakan, seperti benda yang terpasang di slot kartu. 4. Segera Laporkan Kejadian yang Mencurigakan: Jika Anda mencurigai adanya modus kejahatan di ATM, segera laporkan ke pihak berwenang atau keamanan setempat. Baca Juga: Selain Berziarah Ke Makam Bung Karno, Di Blitar Anda Harus Ke Tempat Wisata Ini Dengan meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti tips-tips di atas, diharapkan masyarakat dapat terhindar dari aksi kejahatan modus ganjal kartu ATM yang merugikan.

Demikian informasi mengenai agar tidak kebobolan ATM semoga bisa bermanfaat untuk kalian semua.FIN.CO.ID - Berikut ini akan membagikan tips aman adanya modus ganjal kartu ATM.

Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.