Waspada! Malware Brokewell di Android Baru Ditemukan, Bisa Ambil Alih HP dari Jarak yang Jauh!

Waspada! Malware Brokewell di Android Baru Ditemukan, Bisa Ambil Alih HP dari Jarak yang Jauh!

Malware ini memiliki julukan Brokewell di mana dapat membaca semua input sentuhan, aplikasi yang dibuka, input teks, gambar yang ditampilkan di layar dan kegiatan lain di ponsel.--

FIN.CO.ID - Peneliti keamanan di Threat Fabric menemukan malware Android baru yang dapat merekam semua aktivitas yang dilakukan di ponsel.

Malware ini memiliki julukan Brokewell di mana dapat membaca semua input sentuhan, aplikasi yang dibuka, input teks, gambar yang ditampilkan di layar dan kegiatan lain di ponsel.

Tak hanya itu, malware Brokewell juga dilengkapi kemampuan kendali jarak jauh yang secara efektif memberikan hacker akses penuh atas perangkat Android.

Cara tersebut merupakan teknik umum untuk mengelabui pengguna yang tidak menaruh curiga agar mengunduh malware di perangkat mereka.

Pengguna yang tidak menaruh curiga akan mengklik tombol pembaruan tanpa memverifikasi sumber dari aktivitas tersebut. 

BACA JUGA:HP Terkena Virus Berbahaya? Jangan Panik, Ini 8 Cara yang Harus Dilakukan

Setelah diinstal, malware Brokewell dapat mengambil alih perangkat sepenuhnya dan berpotensi menimbulkan kerusakan pada ponsel.

Brokewell sebagai malware baru yang belum pernah terlihat sebelumnya dengan segudang kemampuan.

Terdapat analisis yang mengungkapkan bahwa malware ini menargetkan layanan paylater dan aplikasi otentikasi digital Austria bernama ID Austria.

Brokewell memiliki serangkaian fitur ekstensif yang dapat dimanfaatkan hacker yang tidak bertanggung jawab untuk mencuri data sensitif dari perangkat yang terinfeksi.

Fitur yang dimiliki dapat meniru layar login aplikasi yang ditargetkan, menipu pengguna agar memberikan identitas kredensial mereka kepada hacker.

BACA JUGA:Hati-hati! Ribuan Pengguna Android TV sedang Diincar oleh Malware dan Virus Berbahaya

Malware ini juga dapat mencegat dan mengekstrak cookie, merekam interaksi pengguna dengan perangkat dan mengumpulkan detail perangkat keras dan perangkat lunak. 

Brokewell juga memungkinkan hacker untuk melakukan streaming langsung layar perangkat yang terinfeksi sehingga mereka dapat melihat semua yang dilakukan oleh korban dari malware ini.

Aulia Yesella

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.