Layar IPS vs AMOLED: Mana Lebih Unggul untuk Pengalaman Visual Anda?

Layar IPS vs AMOLED: Mana Lebih Unggul untuk Pengalaman Visual Anda?

--

Hal ini disebabkan oleh kemampuan piksel AMOLED untuk menghasilkan cahaya sendiri, sedangkan layar IPS mengandalkan latar belakang cahaya yang diterangi oleh lampu LED di belakangnya.

5. Efisiensi Energi

Meskipun AMOLED lebih terang, namun dalam kondisi penggunaan normal, AMOLED sering kali lebih efisien secara energi daripada layar IPS. 

Ini karena layar AMOLED hanya mengonsumsi daya pada piksel yang aktif, sementara layar IPS harus menerangi seluruh panel bahkan ketika menampilkan warna gelap.

6. Respons Time

Layar AMOLED memiliki waktu respons yang lebih cepat dibandingkan dengan layar IPS. Hal ini membuat layar AMOLED lebih cocok untuk menampilkan konten yang bergerak cepat, seperti video game atau film action.

BACA JUGA:

7. Ketersediaan

Saat ini, layar AMOLED lebih umum ditemui dalam perangkat-perangkat premium, seperti smartphone flagship, smartwatch, dan televisi OLED. 

Di sisi lain, layar IPS lebih umum digunakan dalam perangkat yang lebih terjangkau dan juga sering ditemui dalam monitor komputer.

8. Harga

Karena teknologi yang lebih maju dan kualitas gambar yang lebih baik, perangkat dengan layar AMOLED cenderung memiliki harga yang lebih tinggi daripada perangkat dengan layar IPS yang sebanding.

9. Durabilitas

Layar IPS cenderung lebih tahan lama daripada layar AMOLED dalam hal masalah burn-in atau ghosting. 

Masalah ini terjadi ketika piksel pada layar AMOLED mengalami degradasi atau kebocoran cahaya yang dapat menyebabkan gambar yang persisten atau bayangan pada layar.

Aulia Yesella

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.