Google Luncurkan Gemini Advanced: Chatbot Canggih dengan Model Bahasa Besar Ultra 1.0

Google Luncurkan Gemini Advanced: Chatbot Canggih dengan Model Bahasa Besar Ultra 1.0

--

FIN.CO.ID - Google telah menunjukkan komitmennya yang serius dalam bidang kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Selain mengganti nama chatbot Bard menjadi Gemini, perusahaan teknologi ini juga memperkenalkan Gemini Advanced, versi paling canggih dari chatbot Google Gemini.

Gemini Advanced menggunakan model bahasa besar (large language model/LLM) Ultra 1.0, menjadikannya pesaing langsung dari ChatGPT Plus yang ditawarkan oleh OpenAI. Dibandingkan dengan ChatGPT "reguler" yang menggunakan GPT-3.5, Gemini Advanced menggunakan GPT-4 yang lebih canggih.

BACA JUGA:

Google mengklaim bahwa LLM Ultra 1.0 yang digunakan dalam Gemini Advanced dapat memproses permintaan atau teks pengguna dengan lebih baik daripada sebelumnya. Selain itu, Gemini Advanced juga diklaim memiliki kemampuan yang lebih baik dalam memprediksi atau memproduksi konten teks dan gambar.

Model bahasa besar ini juga diklaim lebih mumpuni dalam mengeksekusi program atau kode komputer kompleks, pemrosesan logika, dan memproses perintah berbeda dalam satu eksekusi atau prompt.

Gemini Advanced diuji coba pengguna di sekitar 150 negara di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Namun, untuk menikmati layanan ini, pengguna harus berlangganan paket berbayar baru Google One AI Premium Tier seharga 20 dollar AS (sekitar Rp 312.000) per bulan. Selain akses ke Gemini Advanced, langganan ini juga memberikan akses premium ke berbagai aplikasi Google, media penyimpanan 2 TB, dan lainnya.

Saat ini, Gemini Advanced hanya dioptimalkan untuk bahasa Inggris, tetapi masih dapat merespons dalam bahasa lain yang didukung oleh Gemini, termasuk bahasa Indonesia. Google berencana untuk terus mengoptimalkan Gemini Advanced untuk bahasa lainnya di masa depan.

Untuk mengakses Gemini Advanced, pengguna dapat mengunjungi laman https://gemini.google.com/app dan mengeklik logo teks "Gemini" untuk memunculkan opsi "Gemini Advanced". Dengan fitur-fitur canggihnya, Gemini Advanced menjanjikan pengalaman berinteraksi yang lebih baik dengan teknologi kecerdasan buatan dari Google.

BACA JUGA:

Giska Cyrilla

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.