Bocoran Harga PS5 Pro: Lebih Mahal dari PlayStation 5 Standar?

Bocoran Harga PS5 Pro: Lebih Mahal dari PlayStation 5 Standar?

Bocoran harga PS5 Pro--reuters

FIN.CO.ID - Kabar Sony akan hadirkan model PlayStation 5 Pro (PS5 Pro) mengguncangkan para pecinta PS untuk segera membelinya.

PS5 Pro merupakan versi terbaru dengan membawa perubahan spesifikasi dan desain yang tidak terlalu signifikan dengan PS 5.

Akan tetapi PS5 Pro bakal memberikan pengalaman lebi bertenaga dan tiga kali lebih cepat dari model PS5.

Meskipun begitu Sony belum mengumumkan tanggal rilis dan harga PS5 Pro secara resmi.

Namun beberapa leaker telah membocorkan terkait dengan konsol terbaru dari Sony.

BACA JUGA:


Dilansir dari Android Authority pada Rabu, 20 Maret 2024. leaker Tom Henderson pastikan PS5 Pro sedang dalam pengembangan. Baru-baru ni, bocoran dari Im A Hero Too klaim Square dan Sega telah memiliki developer kit untuk PS5 baru.

Harga dari PS5 Pro akan lebih mahal dari dua seri PS5 reguler. PS5 Digital Version dijual dengan harga USD 399, sedangkan PS5 dengan Blu-ray disk dibanderol USD 499.

harga dari PS5 Pro bisa lebih terjangkau dari perkiraan. Untuk konteks, PlayStation 4 dibanderol USD 399 ketika diluncurkan pada tahun 2013.

Pada bulan September 2016, PlayStation 4 Slim rilis dengan harga USD 299. Pada bulan November 2016, PlayStation 4 Pro diluncurkan dengan harga USD 399.

Ada kemungkinan bahwa Sony akan menurunkan harga  PlayStation 5 reguler dan meluncurkan model Pro dengan harga USD 499, sama seperti PS5 versi Blu-ray.

BACA JUGA:


Jadwal Rilis


Harga PS5 Slim, Image: PlayStation--

Tom Henderson melaporkan bahwa bocoran spesifikasi  tersebut akurat dan konsol PS5 Pro saat ini akan dirilis pada periode libur 2024.

PS5 Pro akan menghasilkan peningkatan performa rendering sebesar 45 persen dibandingkan PS5 biasa. PS5 adalah konsol 10,28 teraflop, jadi tiga kali lipat dari itu akan menjadi peningkatan kinerja yang signifikan di sisi GPU saja.

PS5 Pro juga dapat menawarkan performa ray tracing (metode untuk membuat gambar lebih realistis) hingga tiga kali lipat lebih baik, bahkan empat kali lipat dalam beberapa kasus, menurut Henderson.

Dokumen-dokumen tersebut, yang diunggah ke portal pengembang Sony sendiri, juga menyebutkan PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR).

Hal ini dikabarkan menggunakan pembelajaran mesin (machine learning) PlayStation untuk peningkatan gambar yang mirip dengan DLSS Nvidia atau FSR AMD.

Ini mungkin termasuk peningkatan ke resolusi 8K di versi mendatang dan akan membantu meningkatkan kinerja pelacakan sinar pada perangkat keras PS5 Pro yang dirumorkan.

Laporan Henderson menunjukkan bahwa studio pihak pertama Sony sendiri telah menguji coba devkit PS5 Pro sejak September lalu, dan pihak ketiga akan mendapatkan akses di bulan Januari mendatang.

Henderson sebelumnya melaporkan tahun lalu bahwa PS5 Pro sedang direncanakan dengan target tanggal rilis November 2024.

Ari Nur Cahyo

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.