Diperkenalkan Mei 2018, Jumlah Pelanggan Google One Tembus 100 Juta Lebih

Diperkenalkan Mei 2018, Jumlah Pelanggan Google One Tembus 100 Juta Lebih

Jumlah Google One tembus 100 juta lebih.--

FIN.CO.ID - Jumlah pelanggan Google One berbayar melampaui 100 juta. Informasi tersebut diumumkan langsung oleh CEO Google, Sundar Pichai, lewat akun pribadinya di media sosial (medsos) X.

Google One merupakan layanan berlangganan yang menyediakan media penyimpanan cloud tambahan untuk Gmail, Drive, Photos, serta fitur lainnya seperti VPN dan pemantauan dark web.

Layanan cloud storage ini pertama kali diperkenalkan pada Mei 2018, kemudian dilaporkan Google mendekati angka 100 juta pelanggan dalam pendapatan kuartal IV-2023 yang dirilis pada Januari 2022. 

BACA JUGA:

Seperti diketahui, Google One menawarkan cara bagi pengguna untuk meningkatkan kapasitas penyimpanannya di luar 15GB gratis yang disediakan dalam layanan seperti Gmail, Drive, dan Photos.

Tarifnya, untuk paket dasar (100 GB) sebesar USD 1,99 (Rp31 ribu) per bulan atau USD 19,99 (Rp312 ribu) per tahun. Paket ini meliputi berbagi hingga lima pengguna, fitur pengeditan foto tambahan seperti Magic Eraser, akses VPN, dan pemantauan web gelap.

Kemudian paket standar (200 GB) tarifnya USD 2,99 (Rp47 ribu) per bulan atau USD 29,99 (Rp469 ribu) per tahun. Perbedaan utamanya dengan paket dasar adalah hadiah 3 persen untuk pembelian di Google Store.

Selanjutnya paket premium (2 TB dan lebih tinggi) mulai dari USD 9,99 (Rp156 ribu) per bulan atau USD 99,99 (Rp1,6 juta) per tahun. Paket ini menawarkan penyimpanan lebih besar, fitur premium Google Workspace (untuk alat seperti meet dan kalender), dan hadiah 10 persen untuk pembelian di Google Store. Ada tingkatan yang lebih tinggi dari 2TB bagi mereka yang membutuhkan penyimpanan lebih besar.

Perlu diingat, harga, fitur, dan ketersediaan layanan Google One akan bervariasi tergantung dari wilayah di mana pengguna berada.

Masih seputar google, baru-baru ini perusahaan meluncurkan paket AI Premium Plan seharga USD 19,99 (Rp312 ribu) per bulan, alat canggih yang dibangun pada model AI Gemini Google. Fitur-fitur tersebut menawarkan kemampuan tingkat lanjut seperti membuat draf di Gmail, mengatur konten di Slide, dan menyediakan visualisasi data dalam Spreadsheet.

Pelanggan paket dengan penyimpanan 5 TB atau lebih, saat ini mendapat kesempatan uji coba gratis fitur AI Premium dalam waktu terbatas hingga 31 Juli 2024.

Google juga bermaksud membuat AI Premium tersedia untuk grup pelanggan lain, termasuk pengguna Google Fi Unlimited dan mereka yang membayar Google One melalui penyedia penagihan pihak ketiga. Pichai menekankan bahwa penambahan fitur AI sangat penting untuk kelanjutan pertumbuhan layanan. (*)

Eko Nugros

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.