Gadget

Kolaborasi Dengan Indosat, Indonesia Jadi Tuan Rumah Workshop Global DTC 2024

tekno.fin.co.id - 17/05/2024, 12:24 WIB

Indonesia Jadi Tuan Rumah Workshop Global DTC 2024

FIN.CO.ID - Indonesia menjadi tuan rumah workshop tahunan Global DTC (Digital Transformation Center), yang dibentuk International Telecommunications Union (ITU) dan Cisco.

Agenda ini diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia, melalui Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK).

Program workshop tahunan Global DTC tersebut, bekerjasama dengan berkolaborasi dengan Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH).

Tujuan workshop global DTC ini, mengumpulkan titik fokus dari semua Digital Transformation Centers (DTCs) di Asia dan Pasifik, Afrika, Amerika, dan wilayah Arab.

Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Nezar Patria mengungkapkan, literasi digital, telekomunikasi, dan konektivitas merupakan aspek penting meningkatkan daya saing di level global.

"Literasi digital, telekomunikasi, dan konektivitas adalah aspek penting dalam meningkatkan daya saing bangsa di level global," ungkap Nezar Patria saat dikutip, Jumat 17 Mei 2024.

Selain itu agenda ini juga bertujuan untuk mewujudkan visi jangka Panjang Indonesia Emas 2045, mengenai pentingnya teknologi digitalisasi.

BACA JUGA :

"Lewat lintas kolaborasi antara Badan PBB, swasta, dan pemerintah, kami bertujuan untuk mewujudkan visi jangka Panjang Indonesia Emas 2045 dengan menekankan pentingnya peran teknologi bagi seluruh masyarakat Indonesia. Mewakili Pemerintah, Kemenkominfo sepenuhnya mendukung inisiatif ini,’’ jelasnya.

Dalam agenda workshop global DTC, dibahas pentingnya keterampilan digital yang fokus pada implementasi inisiatif, mengeksplorasi ide-ide baru untuk mendukung karya DTCs.

Terpisah President Director and CEO Indosat, Vikram Sinha mengatakan, pihaknya berbahagia menjadi bagian dalam workshop tahunan Global DTC.

‘’Kami memiliki kesamaan visi dengan berbagai pihak yang terlibat dalam menghubungkan dan memberdayakan bangsa melalui teknologi,’’ kata Vikram.

Menurutnya, penting menjembatani kesenjangan digital mencapai kota-kota lainnya, serta memperluas jangkauan hingga daerah terluar di Indonesia.

‘’Hal ini sejalan dengan tujuan besar Indosat dalam menghubungkan dan memberdayakan seluruh masyarakat Indonesia,” ucapnya.

Indosat juga memperkenalkan Generasi Terkoneksi (GenSi), yang merupakan program pelatihan literasi digital bersama Kominfo dan CISCO dalam kerangka kerja DTC.

Tuahta Aldo
Penulis