Gawat! Game Free Fire Akan Diblokir Kominfo?

Gawat! Game Free Fire Akan Diblokir Kominfo?

Game Free Fire Akan Diblokir Kominfo-fin/garena-

FIN.CO.ID - Beredar rumor game Free Fire alias FF akan diblokir Kominfo. Ini setelah Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menganggap game tersebut mengandung unsur kekerasan.

Hingga saat ini, Kominfo belum memutuskan memblokir Game Free Fire. Klasifikasi game sudah tertuang melalui Permenkominfo Nomor 2 Tahun 2024.

Dalam peraturan tersebut, game dikelompokkan menurut usia pemain yang terdiri dari untuk usia 3 tahun atau lebih, usia 7 tahun atau lebih, usia 13 tahun atau lebih, usia 15 tahun atau lebih, dan usia 18 tahun atau lebih.

Game Free Fire dilihat dari PlayStore masuk dalam rating kategori dewasa alias 17+. Alasannya game ini memang memuat unsur dewasa seperti adegan berdarah dan kekerasan.

Situs resmi FF Garena menyebut pemain di bawah usia 18 tahun atau usia dewasa yang relevan alias anak wajib meminta persetujuan orang tua sebelum bermain.


Game Free Fire-fin/garena-

BACA JUGA:

“Jika kamu adalah orang tua atau wali yang membuat akun atas nama anak, kamu juga harus menyetujui Persyaratan Layanan sebelum mendaftarkan akun,” tulis Garena.

Karena itu, Garena mengimbau keterlibatan orang tua dalam mengawasi anak-anaknya dalam bermain game Free Fire.

“Selain itu, kami mendorong orang tua untuk tetap terlibat untuk memahami permainan apa yang dimainkan anak-anak mereka, dan mendidik mereka tentang cara mendapatkan pengalaman online yang aman dan menyenangkan,” terang Garena.

KPAI sendiri menilai game-game yang memuat unsur kekerasan hingga pornografi sangat membahayakan bagi anak-anak. Sehingga perlu diblokir oleh pemerintah. 

Terkait rumor tersebut, Menkominfo Budi Arie Setiadi menegaskan aturan yang diterbitkan pemerintah sudah cukup komprehensif dalam mengatur konten game berdasarkan usia setiap pemain.

"Dalam game itu semua sudah diberi rating. Jadi, game yang bisa dikonsumsi anak-anak, kayak film kan dirating," jelas Budi Arie.

BACA JUGA:

Rizal Husen

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.