Simak Perbandingan Smart TV dan Google TV, Tentukan Pilihan Sebelum Membeli

Simak Perbandingan Smart TV dan Google TV, Tentukan Pilihan Sebelum Membeli

Pahami sebelum membeli Smart TV dan Google TV-Image credit: Roku-Google Photos

FIN.CO.ID - Kecanggihan teknologi telah membuat produsen televisi (TV) berlomba-lomba menawarkan berbagai keunggulan layaknya produk handphone. Dunia digital membawa teknologi TV menjadi lebih canggih.    

Tak heran kemudian hadilah TV pintar atau lebih populer dengan Smart TV dan juga Google TV. Kedua produk ini telah ramai di pasaran Tanah Air. Tak ada pusat perbelanjaan elektronik yang tak menawarkan televisi-televisi canggih yang dibekali teknologi Smart TV dan Google TV.

Namun sebelum membeli Smart TV atau Google TV, sebaiknya kalian memahami dahulu kecanggihan kedua produk tersebut.

Jika diperhatikan sekilas, Smart TV dan Google TV merupakan produk televisi yang sama. Keduanya merupakan TV dengan banyak fitur canggih dan memudahkan pengguna dengan akses internet.

Namun, terdapat sedikit perbedaan antara kedua jenis TV tersebut. Berikut mana yang lebih baik Smart TV vs Google TV

Smart TV

Untuk mengetahui perbedaan, harus diawali dengan pengetahuan tentang smart tv.

BACA JUGA:

Smart TV kini sudah semakin maju dengan menamkan sistem Android. Sesuai namanya, Smart TV Android merupakan TV yang memiliki sistem operasi android yang mirip dengan smartphone yang saat ini kita gunakan. 


Rekomendasi Smart TV Samsung QLED, Image Credit: Samsung--
Rekomendasi Smart TV Samsung QLED, Image Credit: Samsung--

Pada umumnya Smart TV Android memiliki otak memori RAM yang berfungsi untuk menjalankan aplikasi Android. Mulai dari Google Play store, Google voice input dan beragam aplikasi dan bermain game yang tersedia di platform Android.

Selain itu juga ada banyak fitur layanan streaming yang bisa di update sesuai versi terbaru sudah bekerjasama dengan layanan streaming besar seperti Netflix, Viu, Hooq, HBO dan banyak lainnya.

Anda dapat melakukan mirroring dengan smartphone Anda. Jadi aktivitas di dalam smartphone dapat ditampilkan ke layar TV.

Google TV

Google TV adalah platform TV pintar yang awalnya dikembangkan oleh Google. OS didasarkan pada sistem operasi Android dan telah menjadi sumber terbuka sejak 2013. Awalnya dirancang untuk berjalan di TV pintar dengan fitur yang terintegrasi dengan lebih banyak layanan seperti Netflix, Hulu Plus, YouTube, dan Pandora.

Smart TV Android vs Google TV

Perbedaan utama antara Smart Android TV dan Google TV terletak pada sistem operasinya: Android TV berjalan di Android, sedangkan Google TV menggunakan ChromeOS (yang pada dasarnya Chrome berjalan di atas Linux).

Gatot Wahyu

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.