Internet Satelit Starlink Milik Elon Musk Uji Coba di IKN Mei 2024

Internet Satelit Starlink Milik Elon Musk Uji Coba di IKN Mei 2024

Internet Satelit Starlink Milik Elon Musk Uji Coba di IKN Mei 2024-fin/starlink indonesia-

FIN.CO.ID - Starlink milik Elon Musk akan melakukan uji coba layanan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Mei 2024 mendatang. 

Hal itu disampaikan Menkominfo Budi Arie Setiadi menyusul rencana yang telah dilakukan pemerintah dan perusahaan Amerika Serikat yang bernama SpaceX tersebut. 

"Rencananya Mei. Kita tunggu saja. Tanggalnya belum dipastikan, tapi kisaran di bulan Mei," ujar Budi Arie di Jakarta, Selasa, 16 Mei 2024. Uji coba ini dinilai sangat penting. Karena IKN masih minim infrastruktur telekomunikasi. 

Menurut Budi Arie, uji coba ini bertujuan untuk menilai efektivitas dan keandalan layanan Starlink dalam kondisi di IKN yang belum memiliki infrastruktur telekomunikasi memadai. 

Apabila uji coba berjalan lancar dan Starlink berhasil memenuhi semua persyaratan regulasi yang berlaku di Indonesia, layanan ini berpotensi diluncurkan secara resmi pada perayaan HUT RI pada 17 Agustus 2024 mendatang.

"Kalau uji cobanya berlangsung baik, kemudian Uji Laik Operasi (ULO) dikeluarkan, dan memenuhi semua peraturan Undang-Undang yang berlaku di Indonesia, kita akan izinkan Starlink beroperasi," papar Budi.


Internet Satelit Starlink Milik Elon Musk Uji Coba di IKN Mei 2024-fin/starlink indonesia-

BACA JUGA:

Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo, Wayan Tony Supriyanto menambahkan Starlink telah memenuhi beberapa izin untuk beroperasi di Indonesia.

Termasuk untuk penggunaan teknologi VSAT dan izin sebagai penyedia telekomunikasi atau Internet Service Provider (ISP).  Ada 2 izin untuk Starlink.

Yaitu VSAT dan penyediaan internet. Untuk VSAT, Starlink sudah membangun hub dan stasiun perangkatnya sudah mengajukan izin ke SDPPI.

Proses izin sebagai penyedia jasa telekomunikasi masih berlangsung, termasuk perjanjian kerja sama yang sedang diupayakan. 

Jika terpenuhi, Starlink Indonesia akan dapat menyediakan layanan kepada masyarakat Indonesia sebagai penyelenggara telekomunikasi.

Diketahui, Starlink merupakan sebuah proyek pengembangan konstelasi satelit yang sedang dijalankan oleh perusahaan Amerika Serikat bernama SpaceX.

Rizal Husen

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.