Simak Yuk! Tips Menjaga Rumah Tetap Aman di Musim Hujan

Simak Yuk! Tips Menjaga Rumah Tetap Aman di Musim Hujan

Tips menjaga rumah aman di musim hujan. Foto Pixabay--

FIN.CO.ID - Berikut beberapa tips untuk melindungi rumah Anda saat musim hujan.

Rumah Anda harus aman dan nyaman untuk ditinggali saat musim hujan seperti ini, maka beberapa tips yang disebutkan di sini mungkin bisa berguna untuk Anda terapkan.

Awal musim hujan tentunya menjadi musim yang sangat dinantikan di beberapa daerah.

Namun, musim hujan juga menjadi saat di mana pemilik rumah perlu merawat rumahnya agar terhindar dari berbagai kerusakan yang tidak diinginkan.

BACA JUGA:

Setiap tetes air hujan yang muncul tidak hanya membuatmu bahagia, tapi juga  menjadi musuhmu.

Tetesan air hujan yang jatuh dari atap rumah dapat mempengaruhi keawetan struktur bangunan atau mengakibatkan kerusakan pada interior rumah.

Jadi, jika Anda ingin melindungi rumah Anda, periksalah atap Anda secara rutin.

Periksa atap rumah Anda dari ubin atau asbes yang  rusak, lepas, atau  hilang. Jika ditemukan, pemilik rumah dapat segera mengganti atau memperbaikinya untuk mencegah kebocoran.

BACA JUGA:

Periksa juga apakah ada masalah pada sistem drainase  atap rumah anda.

Jika Anda mempunyai masalah, tidak ada lapisan kedap air yang mampu menahan genangan air.

Selain itu, berbahaya jika kemiringan tidak sejajar karena kotoran memenuhi talang samping, jadi pastikan  talang  berfungsi dengan baik.

Selanjutnya perhatikan eksterior rumah anda apabila cat eksterior kurang terawat. Hal ini dapat menyebabkan air hujan meresap ke  dalam rumah dan menyebabkan kerusakan internal.

BACA JUGA:

Oleh karena itu, sebaiknya Anda rutin memeriksa dinding rumah Anda dan memperhatikan tanda-tanda kerusakan yang terlihat, seperti berlubang dan retak.

Pemilik rumah juga harus memperhatikan  jendela interior dan eksterior. Pastikan  jendela Anda bebas dari retakan, karena celah besar antara jendela dan dinding rumah Anda dapat diisi dengan bahan penyekat busa isolasi.

Selain itu, perlu diketahui bahwa musim hujan adalah waktu yang ideal bagi ular untuk mencari tempat persembunyian.

Oleh karena itu, pemilik rumah harus berhati-hati saat membersihkan, baik dengan menyapu atau mengelap dengan kapur barus atau pewangi lantai, yang tidak disukai ular.

BACA JUGA:

Hati-hati jangan sampai barang menumpuk dan membuat sudut-sudut rumah anda lembap. Jangan biarkan  tikus atau kotorannya masuk ke dalam rumah Anda untuk menghindari menarik perhatian ular.

Selain itu, hindari menumpuk sampah di rumah Anda dan pasang pagar dan filter khusus pada saluran air. Jika semua pekerjaan sudah selesai dan Anda masih memiliki ular trout, jaga jarak dan hubungi profesional untuk segera menanganinya.

Oleh karena itu, uraian di atas menyebutkan beberapa tips bagaimana melindungi rumah Anda saat musim hujan. (*)

Lovvi Malino

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.