Tips n Trik

Inilah 6 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

tekno.fin.co.id - 03/03/2024, 20:09 WIB

Inilah 6 Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

!-- [if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-ID KO X-NONE !-- [if gte mso 10]>

FIN.CO.ID - Ada berbagai metode alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut. Selain merawat rambut dari luar, memastikan asupan nutrisi yang tepat juga penting untuk memperkuat akar dan merangsang pertumbuhan rambut.

Kerontokan rambut adalah hal umum, namun jika jumlahnya melebihi 50–100 helai per hari dan terus berlanjut, perlu penanganan khusus untuk mencegah kebotakan.

Sebelum menggunakan obat-obatan atau prosedur medis, mencoba cara alami yang mudah dilakukan di rumah bisa menjadi pilihan yang baik.

Ini Cara Alami Mengatasi Rambut Rontok

Meskipun terlihat simpel, perawatan di rumah bisa membantu mengurangi masalah rambut rontok dan mendorong pertumbuhannya. Berikut beberapa metode alami yang bisa dicoba:

1. Mengurangi frekuensi keramas

Seringnya keramas tidak selalu baik untuk kesehatan rambut. Terlalu sering menggunakan sampo bisa merusak, mengeringkan, dan membuat rambut lebih tipis. Disarankan untuk keramas hanya 1-3 kali seminggu dan mengeringkan rambut dengan menepuk-nepuk menggunakan handuk.

BACA JUGA:

2. Menjaga penataan rambut dengan lembut

Penggunaan bahan kimia dan tindakan seperti mewarnai, mencatok, dan mengeriting rambut bisa merusak rambut dan kulit kepala. Mengikat rambut terlalu kencang juga bisa menyebabkan rambut rontok. Disarankan untuk menghindari penataan rambut yang berlebihan. Jika menggunakan pengering rambut, hindari suhu panas.

3. Hidup sehat

Kurang gizi dan masalah kesehatan seperti anemia dapat menyebabkan rambut rontok. Penting untuk menjalani pola hidup sehat dengan makanan bergizi dan olahraga rutin.

4. Menggunakan minyak rambut

Minyak rambut alami seperti minyak kelapa bisa mengurangi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa ke kulit kepala dan rambut, lalu diamkan semalam sebelum keramas.

Mega Oktaviana
Penulis