Yandex Ciptakan Layanan AI Pantau Abu Vulkanik Gunung Berapi di Dunia, Namanya Yandex DataSphere, Seperti Apa Kecanggihannya?

Yandex Ciptakan Layanan AI Pantau Abu Vulkanik Gunung Berapi di Dunia, Namanya Yandex DataSphere, Seperti Apa Kecanggihannya?

Yandex Ciptakan Layanan AI untuk Pantau Abu Vulkanik Gunung Berapi di Dunia, Namanya Yandex DataSphere-fin/yandex-

FIN.CO.ID - Yandex menciptakan produk dan layanan AI yang dapat memantau persebaran abu vulkanik gunung berapi dan mitigasi bencana. Namanya Yandex DataSphere. 

Menggunakan teknologi komputasi awan (cloud) dan layanan machine learning, Yandex menciptakan mesin yang dapat dijadikan solusi mengatasi beragam tantangan sosial. Termasuk memantau fenomena alam.

"Proyek sudah siap diskalakan untuk memantau gunung berapi di seluruh dunia. Di antaranya mengatasi masalah letusan gunung berapi dan dampaknya," ujar Direktur Proyek Strategis di Yandex Cloud, Anna Lemyakina, di Jakarta, Senin, 26 Februari 2024.

Menurutnya, abu vulkanik membawa partikel yang bisa merusak lingkungan dan menimbulkan gangguan kesehatan.

BACA JUGA:


Yandex Ciptakan Layanan AI untuk Pantau Abu Vulkanik Gunung Berapi di Dunia, Namanya Yandex DataSphere-fin/diolah-

Dia mengambarkan letusan Gunung Merapi di Indonesia, Fagradalsfjall di Islandia, dan Shiveluch di Rusia telah menimbulkan emisi abu dalam jumlah besar. 

Sehingga mengganggu kehidupan sehari-hari warga serta menyebabkan risiko terhadap keselamatan publik dan infrastruktur.

Yandex menyoroti pentingnya mekanisme pemantauan dan respons yang efektif untuk meminimalisir perluasan dampak abu vulkanik pasca letusan gunung berapi.

Yandex Cloud, Yandex Weather, dan Yandex School of Data Analytics (YSDA) berkolaborasi untuk mengintegrasikan keahlian dalam machine learning, analisis data, dan meteorologi guna mendukung upaya meminimalkan dampak abu vulkanik.

Dengan penggunaan model matematika canggih, neural networks (jaringan syaraf tiruan/JST), dan peta interaktif, pemantauan awan abu pasca-letusan dapat dilakukan dalam waktu nyata.

BACA JUGA:

Layanan peta interaktif baru model ini tidak hanya melacak pergerakan abu vulkanik dalam waktu nyata. Tetapi juga menyediakan informasi prakiraan cuaca 24 jam. 

Sehingga dapat digunakan untuk menjalankan langkah-langkah proaktif guna mengurangi dampak abu vulkanik.

Rizal Husen

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.