Vyacheslav Igorevich Penchukov: Penjahat Malware Trojan Zeus dan IcedID yang Infeksi Jutaan Komputer di Dunia

Vyacheslav Igorevich Penchukov: Penjahat Malware Trojan Zeus dan IcedID yang Infeksi Jutaan Komputer di Dunia

Vyacheslav Igorevich Penchukov, Penjahat Malware Trojan Zeus dan IcedID -fin/diolah-

FIN.CO.ID - Setelah jadi buron FBI selama 12 tahun, Vyacheslav Igorevich Penchukov ditangkap. Warga negara Ukraina itu adalah dalang serangan Malware Zeus dan IcedID yang menginfeksi jutaan komputer di seluruh dunia. 

Pada 9 Mei 2024 mendatang, Vyacheslav Igorevich Penchukov alias Tank alias Father akan menjalani hukuman 20 tahun penjara atas kejahatan internet yang dilakukannya antara Mei 2009 hingga Februari 2021.

Vyacheslav Igorevich Penchukov ditangkap oleh otoritas Swiss pada Oktober 2022 dan diekstradisi ke Amerika Serikat (AS) tahun lalu. 

US Department of Justice (DoJ) menyebut Penchukov memimpin dua kelompok malware. Salah satunya geng Jabber Zeus. 

Kelompok itu telah menginfeksi jutaan komputer di seluruh dunia dengan malware yang mengarah ke ransomware hingga pencurian 70 juta Dolar AS. 

BACA JUGA:


Vyacheslav Igorevich Penchukov, Penjahat Malware Trojan Zeus dan IcedID -fin/diolah-

Vyacheslav Igorevich Penchukov Cs diketahui memasukkan Trojan perbankan Zeus untuk melakukan pencurian informasi rekening bank, kata sandi, nomor identifikasi pribadi serta.

Uang jutaan dolar AS yang dicuri oleh Vyacheslav Igorevich Penchukov Cs dialirkan ke akun luar negeri. Modus ini terbongkar pada 2014 silam.

Tak hanya Trojan Malware Zeus. Vyacheslav Igorevich Penchukov Terdakwa juga dituduh melakukan yang melibatkan IcedID atau BokBot Malware sejak November 2018. 

Setelah dinyatakan buron oleh FBI, Vyacheslav Igorevich Penchukov selalu berhasil menghindari penuntutan oleh penyelidik kejahatan dunia maya Ukraina.

Ini karena Vyacheslav Igorevich Penchukov memiliki hubungan politik dengan mantan Presiden Ukraina Victor Yanukovych.

BACA JUGA:

Setelah ditangkap dan diekstradisi ke AS, Penchukov mengaku bersalah. Dakwaannya banyak. Mulai dari peretasan, penipuan, pencucian uang, dan pencurian identitas pribadi. 

Rizal Husen

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.