Simak 4 Fitur Android 15 yang Sudah Meluncur untuk Pengguna Terbatas: Salah Satunya Partial Screen Sharing

Simak 4 Fitur Android 15 yang Sudah Meluncur untuk Pengguna Terbatas: Salah Satunya Partial Screen Sharing

Android 15, Image: Google--

FIN.CO.ID - Google baru saja mengumumkan peluncuran Android 15 dalam bentuk Developer Preview, yaitu versi awal dari sistem operasi terbaru mereka yang ditujukan untuk para pengembang aplikasi. 

Android 15 membawa banyak fitur baru dan perbaikan yang menarik, baik dari segi privasi, keamanan, kinerja, maupun desain. 

Namun, Android 15 masih belum stabil dan bisa mengalami banyak bug, jadi tidak disarankan untuk digunakan oleh pengguna umum. 

Hanya pengguna terbatas yang memiliki perangkat Pixel tertentu yang bisa mencoba Android 15 saat ini.

Fitur Baru Android 15


Android 15, Image: Andrea Piacquadio / Pexels--

Android 15 memiliki 4 fitur baru yang membuatnya stand out dibandingkan versi Android yang sudah-sudah. 

Beberapa fitur baru Android yang dimaksud antara lain:

  1. Privacy Sandbox: Fitur ini merupakan bagian dari upaya Google untuk meningkatkan privasi pengguna dan memberikan pengalaman iklan yang lebih personal tanpa mengorbankan data pribadi. Privacy Sandbox menggunakan teknologi yang memungkinkan pengiklan untuk menargetkan audiens yang sesuai tanpa mengumpulkan informasi identitas pengguna.
  2. Health Connect: Fitur ini merupakan platform yang aman dan terpusat untuk mengelola dan berbagi data kesehatan dan kebugaran yang dikumpulkan oleh aplikasi. Fitur ini mendukung berbagai jenis data, seperti aktivitas fisik, nutrisi, detak jantung, dan lain-lain.
  3. File Integrity: Fitur ini menggunakan teknologi fs-verity yang ada di kernel Linux untuk melindungi file dari modifikasi atau korupsi yang tidak sah. Dengan fitur ini, file bisa dilengkapi dengan tanda tangan kriptografi yang membantu memastikan keaslian dan integritasnya.
  4. Partial Screen Sharing: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk berbagi atau merekam hanya jendela aplikasi tertentu, bukan seluruh layar perangkat. Fitur ini berguna untuk menjaga privasi pengguna saat melakukan presentasi, webinar, atau tutorial.

Perubahan Desain

Selain fitur-fitur di atas, Android 15 juga memiliki beberapa perubahan desain yang lebih modern dan minimalis, seperti ikon, warna, font, dan animasi. 

Android 15 juga mendukung perangkat dengan layar besar, seperti tablet, foldable, dan flippable, yang semakin populer di pasaran.

Cara Mendapatkan Android 15


Android 15, Image: Andrea Piacquadio / Pexels--

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Android 15 masih dalam tahap pengembangan dan belum siap untuk digunakan oleh publik. 

Hanya pengguna terbatasa dengan perangkat tertentu yang bisa menikmatinya duluan. 

Beberapa perangkat Android yang bisa menggunakan Android 15 Developer Preview ini seperti Pixel 6, 6 Pro, 6a, 7, 7 Pro, 7a, Fold, Tablet, 8, atau 8 Pro yang bisa mencoba Android 15 saat ini. 

Ada dua cara untuk mendapatkan Android 15, yaitu:

  1. Menggunakan Android Flash Tool: Cara ini memungkinkan pengguna untuk mem-flash sistem Android 15 ke perangkat Pixel mereka secara online, tanpa perlu mengunduh atau menginstal alat apa pun. Pengguna hanya perlu menghubungkan perangkat mereka ke komputer melalui kabel USB, lalu mengunjungi situs Android Flash Tool dan mengikuti petunjuk yang ada di sana.
  2. Mengunduh dan Mem-flash Image Sistem: Cara ini membutuhkan pengguna untuk mengunduh file image sistem Android 15 yang sesuai dengan perangkat Pixel mereka, lalu mem-flash file tersebut ke perangkat mereka menggunakan alat Fastboot. Pengguna bisa mengunduh file image sistem Android 15 dari situs Android Developers dan mengikuti petunjuk yang ada di sana.

Makruf

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.