Wajib Tahu, 8 Cara Menghadapi Gempa Bumi! Jangan Panik

Wajib Tahu, 8 Cara Menghadapi Gempa Bumi! Jangan Panik

Berlindung di bawah meja. Sumber foto: google--

FIN.CO.ID - Jika terjadi gempa bumi di wilayah Anda, janganlah panik. Masyarakat harus tenang jika menghadapi gempa bumi. Kepanikan justru akan mengakibatkan bahaya. 

Untuk itu perlu diketahui cara menghadapi gempa bumi wajib di wilayah anda. Pasalnya, bencana alam ini dapat terjadi kapan saja.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian gempa adalah guncangan atau gerakan pada bumi. Atau lebih lengkapnya, gempa bumi adalah bencana alam yang disebabkan oleh pergeseran lempeng bumi yang juga dapat menimbulkan tsunami, erupsi, dan longsor.

Nah berikut ini tips menghadapi gempa bumi dirangkum dari berbagai sumber:

1. Berlindung di Bawah Meja

Berlindunglah di bawah meja jika berada di dalam ruangan, rumah, atau kantor. Hal ini agar tubuh tidak terkena benda-benda yang berjatuhan. Jika tidak memiliki meja, lindungi kepala dengan bantal ataupun kedua tangan dengan posisi telungkup.

BACA JUGA: 

2. Matikan kompor

Jika sedang menyalakan kompor,maka matikan segera untuk mencegah terjadinya kebakaran.

3. Lindungi Kepala dengan Beberapa Alat

Jangan lupa untuk melindungi kepala dengan helm, bantal, papan, atau kedua tangan dengan posisi telungkup.

4. Jauhi Gedung dan Tiang

Cara menghadapi bencana gempa bumi yang berikutnya adalah dengan menjauhi gedung maupun tiang. Hal ini berlaku apabila anda berada di luar ruangan atau rumah. Sebisa mungkin hindari gedung dan tiang menuju daerah terbuka. Hal ini agar anda tidak tertimpa oleh serpihan bangunan maupun tiang.

5. Jangan Naik Lift

Jika berada di mal atau kantor, jangan naik lift. Gunakan tangga darurat. Namun jangan panik saat turun tangga darurat. Kemudian bergerak ke tempat terbuka hingga keadaan stabil. Perlu diingat, gempa yang bermagnitudo besar, dapat diikuti gempa susulan.

6. Hentikan Kendaraan

Jika berada di dalam kendaraan, berhati-hatilah agar kendaraan tidak berhenti secara mendadak. Usahakan memberhentikan kendaraan dan bergerak ke tempat terbuka agar selamat dari gempa.

7. Jauhi Laut

Gempa di bawah laut bisa menimbulkan gelombang tsunami. Bergeraklah ke dataran yang lebih tinggi merupakan salah satu cara mengatasi tsunami.

8. Jangan Berdiri di Depan Pintu

Kita akan lebih aman jika berada di bawah meja daripada berdiri di depan pintu saat terjadi gempa. Hal ini karena pintu tidak akan lebih kuat dari furnitur di dalam rumah, kantor, maupun sekolah yang akan melindungi kita dari benda jatuh. (*)

 

Eko Nugros

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.