Pengertian Sesar Meratus, Ada di Kalimantan, Sudah Terbentuk Sejak Zaman Pra Tersier

Pengertian Sesar Meratus, Ada di Kalimantan, Sudah Terbentuk Sejak Zaman Pra Tersier

Peta tapak lokal pusat gempa bumi yang mengguncang Banjar, Selasa (13/2). Sumber foto: antara/badan geologi--

FIN.CO.ID – Sesar Meratus mungkin masing asing di telinga kita. Lantas apa itu sesar meratus? Sesar Meratus adalah sesar aktif yang berada di bagian selatan Pulau Kalimantan.

Dilansir dari laman Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG),  sesar ini diperkirakan terbentuk pada zaman pra tersier. Kemudian Sesar Meratus mengalami reaktivasi sehingga kini tergolong sesar aktif.

Sebagai informasi zaman tersier adalah istilah yang merujuk untuk periode geologi dari 66 juta hingga 2,58 juta tahun yang lalu, terjadi antara periode Sekunder dan Kuarter.

Pada masa ini, benua di bumi mulai menunjukkan pergerakan, bergeser, memisah, dan bersatu hingga mulai muncul lautan dan pegunungan baru. Saat itu, daratan India dan benua Asia masih bersatu dan memunculkan pegunungan Himalaya.

BACA JUGA: 

Kembali ke Sesar Meratus.  Selasa, 13 Februari 2024 pukul 08.22 WIB, gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 4,7 mengguncang Kalimantan Selatan.

Lokasi gempa berada pada koordinat 3,19° LS ; 115,12° BT atau tepatnya di darat pada jarak 19 km arah Timur Laut Banjar, pada kedalaman 10 km.

Aktivitas Sesar Meratus diperkirakan menjadi penyebabnya. Peristiwa tersebut mengakibatkan kerusakan bangunan di Desa Sungkai Baru, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar.

Dalam Peta Sumber dan Bahaya Gempa Bumi Nasional yang disusun Pusat Studi Gempa Bumi Nasional (Pusgen) tahun 2017, Sesar Meratus berpotensi memicu gempa bumi hingga M 7.

Untuk diketahui, Pulau Kalimantan memiliki tiga zona sesar utama yang telah teridentifikasi. Selain Sesar Meratus, dua sesar lainnya yaitu Sesar Tarakan dan Sesar Mangkalihat.

Sesar Tarakan adalah sesar mendatar yang ada di bagian utara Pulau Kalimantan dengan panjang mencapai 100 km. Sesar Mangkalihat adalah sesar mendatar yang ada di bagian pantai timur Pulau Kalimantan. 

Eko Nugros

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.