Apa Itu Quick Count, Exit Poll dan Real Count di Pilpres 2024, Mana Lebih Akurat?

Apa Itu Quick Count, Exit Poll dan Real Count di Pilpres 2024, Mana Lebih Akurat?

Apa Itu Quick Count Exit Poll dan Real Count di Pilpres 2024, mana yang lebih akurat.-fin/diolah-

FIN.CO.ID - Pilpres 2024 akan digelar pada Rabu, 14 Februari 2024. Sejumlah lembaga survei sudah mempersiapkan hasil Quick Count dan Exit Poll.

Ini berbeda dengan Real Count yang dihitung oleh KPU. Apa itu Quick Count, Exit Poll dan Real Count? Simak penjelasannya di sini. 

Quick Count Atau Hitung Cepat

Quick count atau hitung cepat adalah metode statistik yang menghitung dan memproyeksikan hasil Pemilu dengan cepat berdasarkan data hasil hitungan suara dari sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang diambil sebagai sampel representatif.

Hasil quick count ini masih berupa prediksi atas hasil pemilu sebelum ada pengumuman resmi dari KPU RI selaku penyelenggara pemilu.

Meski Demikian, quick count dapat menyajikan proyeksi hasil pemilu yang cukup akurat. Karena menghitung langsung suara di TPS yang menjadi sampel. Bukan berdasarkan persepsi atau pengakuan responden.Metode quick count ini pertama kali digunakan dalam pemilu dan pilpres tahun 2004.

BACA JUGA:

Exit Poll

Selain Quick Count, ada  lagi metode yang biasa dilakukan dalam memproyeksikan hasil pemilu. Namanya exit poll. Pelaksanaan metode ini berlangsung pada hari pemungutan suara dan dilakukan setelah pemilih meninggalkan TPS.

Dalam pelaksanaan exit poll, metode survei yang dilakukan adalah bertanya langsung pada pemilih yang sudah selesai mencoblos. Kemudian pelaksana survei menentukan sampel secara proporsional untuk menggambarkan populasi.

Karena juga menggunakan sampel, pelaksana survei bisa mengumumkan hasil exit poll pemilu lebih cepat dari hasil resmi. 

Terkait ini, beredar di media sosial hasil exit poll Pilpres 2024 di luar negeri. Diketahui, pemungutan suara di luar negeri berjalan lebih dulu dari pencoblosan di dalam negeri.

Real Count

Metode real count adalah perhitungan yang menampilkan seluruh hasil suara dari TPS. Secara resmi yang melakukan real count adalah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Kontestan yang mengikuti kontestasi Pilpres 2024 dan Pileg 2024 biasanya juga melakukan real count dengan menggunakan input dari saksi atau relawan partai di TPS.

Karena menyajikan data yang sesungguhnya, pelaksanaan real count oleh KPU membutuhkan waktu berhari-hari. Sebab surat suara dihitung satu per satu secara manual. 

BACA JUGA:

Rizal Husen

Tentang Penulis

DAPATKAN UPDATE BERITA TEKNO LAINNYA DI

google news icon

Sumber:

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan Redaksi FIN
Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.