Tips n Trik

Cara Nonton Video TikTok Tanpa Internet, Gak Perlu Takut Kuota Habis!

tekno.fin.co.id - 03/07/2024, 12:07 WIB

Ilustrasi TikTok (Pixabay/ Sam Riz)

fin.co.id - Siapa nih, yang hobi scroll TikTok sampai tak kenal waktu? TikTok memang jadi sosial media paling diminati masyarakat saat ini, dengan banyaknya konten-konten yang menghibur, sampai mengedukasi.

Namun, untuk melihat konten-konten di TikTok butuh kuota internet yang lumayan besar, hingga membuat pemakaian jadi boros. Sekarang, kamu gak perlu khawatir, karena TikTok merilis fitur terbaru untuk penggunanya agar bisa menonton video secara offline tanpa harus unduh di HP.

Penasaran bagaimana caranya? Yuk, langsung simak dan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Ketentuan yang Harus Diperhatikan:

Meski bisa menonton video TikTok secara offline alias tanpa internet, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum menggunakannya. Video Offline TikTok mengunduh konten dari FYP kamu secara acak. Jadi, kamu tidak bisa memilih secara manual konten apa saja yang ingin ditonton saat luring.

Baca Juga

Jika kamu merasa nyaman dengan rekomendasi konten di FYP-mu, unduhan video ini akan menjadi hiburan yang menarik.  Akan tetapi, jika merasa kurang nyaman dengan rekomendasi FYP, kamu bisa me-refresh kontennya terlebih dahulu.

Saat menonton video luring, kamu tidak bisa berinteraksi di TikTok, seperti memberi komentar, tanda suka, atau menyimpannya ke favorit. Jika kamu menggunakan fitur tersebut, ini akan disinkronkan ketika kamu terhubung kembali ke internet. Fitur Video Offline tidak mengunduh konten iklan. Jadi, saat menonton video secara offline, kamu tidak akan disuguhkan dengan beragam konten promosi atau iklan.

Langkah-langkah Nonton Video TikTok Offline :

  1. Buka aplikasi TikTok dan buka halaman profil dengan mengetuk ikon Profil di pojok kanan bawah
  2. Pada halaman Profil, ketuk ikon tiga garis horizontal di pojok kanan atas
  3. Lalu, klik Pengaturan dan privasi
  4. Gulir ke bawah dan temukan menu Cache & Seluler
  5. Pilih dan ketuk Video offline.
  6. 6. Pada pop up yang muncul, pilih jumlah video yang ingin diunduh dan ditonton secara luring. Tersedia banyak pilihan, mulai dari 50, 100, 150, dan 200 video yang bisa diunduh, masing-masing terdapat informasi durasi menonton dan jumlah ruang penyimpanan yang diperlukan.
  7. 7. Setelah itu, ketuk Unduh. Tunggu hingga semua video berhasil diunduh.

Sebagai informasi, untuk mengunduh video TikTok, kamu harus terhubung ke koneksi internet terlebih dahulu, ya. Jika semua berhasil terunduh, kamu bisa menonaktifkan internet dan menikmati video TikTok secara offline. (*)

Amanda
Penulis