Tips n Trik

Apa Itu Copywriting? Simak Definisi, Contoh, Hingga Jenisnya

tekno.fin.co.id - 02/07/2024, 12:10 WIB

Cara Live TikTok di Laptop, Image: Pixabay

fin.co.id - Apa itu copywriting? Istilah tersebut sering digunakan dalam dunia digital marketing,

Copywriting memiliki peranan penting dalam bidang pemasaran agar para konsumen teratik untuk melihat atau membeli barang yang ingin kita jual secara online atau di toko.

Copywriting memiliki berbagai jenis sesuai dengan kebutuhan yang diingiinkan.

Ingin tahu lebih dalam tentang apa itu copywriting, bagaimana contoh hingga jenisnya? Langsung saja simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga

Apa Copywriting ?

Menurut American Writers and Artist Institute, copywriting adalah proses menulis teks persuasif (yang kerap disebut copy) untuk mempromosikan dan menjual produk atau layanan.

Orang yang bertugas untuk menulis dan mengembangkan copy disebut copywriter.

Materi copywriting adalah dapat mencakup promosi tertulis yang dipublikasikan di media cetak atau online.  Mereka juga dapat menyertakan materi yang diucapkan, seperti skrip yang digunakan untuk video atau iklan.

Mungkin banyak orang tidak menyadarinya, tetapi copywriting sebenarnya ada di mana-mana.  Misalnya, jika kita mengunjungi akun online shop, tentu banyak postingan yang mengandung promosi.

Meski banyak dari kita yang sebenarnya tidak terlalu membutuhkan barang yang dipromosikan, namun dikarenakan dikemas dengan tulisan yang mendorong diri kita untuk membeli produk tersebut.

Baca Juga

Ketika copywriting dapat menjangkau pembeli yang ditargetkan, maka dapat dikatakan teknik tersebut cukup efektif untuk meningkatkan penjualan produk. Pada awalnya, copywriting adalah hanya digunakan dalam membuat artikel sejenis advertorial, sales letter, billboard, dan juga media pemasaran dalam bentuk tulisan lainnya.

Kendati demikian, di era yang serba teknologi digital dan online seperti sekarang, copywriting adalah dianggap sebagai suatu hal yang penting dalam pemasaran.

Kemampuan copywriting bisa diterapkan dalam berbagai media pemasaran, seperti teks pada landing page, artikel blog, post media sosial, headline dan meta description, Iklan berbayar di Google atau, media sosial, judul hingga deskripsi video YouTube.

Iklan televisi, ulasan produk di YouTube, dan bahkan video singkat tentang cara menggunakan suatu produk adalah contoh copywriting lisan.

Jenis-jenis Copyrwriting

1. Direct Response Copywriting

Direct response copywriting adalah bentuk konten tulisan yang mengarahkan orang untuk mengklik halaman di sebuah website.  Contohnya seperti mengarahkan pembaca untuk mengeklik tombol CTA, berlangganan ebook, membagikan konten, dan lain sebagainya.

Amanda Fanny Ghasyiyah
Penulis