Gadget

10 Ciri-Ciri Penyadapan Ponsel, Beserta Cara Mengatasinya, Anti Ribet!

tekno.fin.co.id - 28/06/2024, 10:19 WIB

10 Ciri-Ciri Penyadapan Ponsel, Beserta Cara Mengatasinya

fin.co.id - Penyadapan merupakan praktik legal atau ilegal. Karena siapapun bisa mengakses dan memantau aktivitas dan komunikasi pemilik di mana saja.

Tujuan penyadapan ponsel orang lain tanpa izin bisa bermacam-macam, mulai dari mencuri informasi pribadi, memantau aktivitas, hingga pencurian identitas.

Alasan utama ponsel bisa disadap adalah beberapa faktor, seperti pengunduhan aplikasi berbahaya.

Selain itu, serangan phishing, kelemahan perangkat lunak, iklan berbahaya, jaringan WIFI publik, pesan atau panggilan berbahaya, Bluetooth yang tidak aman, penggunaan USB yang tidak aman, dan penyadapan rekayasa sosial juga dapat menjadi faktor berbahaya saat ini.

Baca Juga

Oknum yang tidak bertanggung jawab bisa dengan leluasa memanfaatkan hal ini dan orang yang disadap tidak akan sadar kalau ponselnya sedang disadap karena si penyadap diam-diam akan menginstal software di ponsel Anda.

Untuk mengantisipasinya, Anda tidak perlu khawatir karena saat ini MindRkyat-Depok.com telah mengumpulkan 10 ciri-ciri ponsel yang disadap beserta cara mengatasinya di blog.bankmega.com.

1. Kebisingan di latar belakang yang tidak biasa

Adanya suara yang tidak biasa saat melakukan panggilan telepon bukan merupakan tanda pasti bahwa ponsel telah disadap.

Namun, Anda dapat menggunakan sensor bandwidth, sebuah aplikasi yang mendeteksi kebisingan dari ponsel lain, yang dapat digunakan untuk mengukur suara pada perangkat yang dapat didengar.

Baca Juga

Ponsel dapat disadap jika mendeteksi suara beberapa kali per menit.

2. Pesan masuk dibaca tanpa dibuka.

Pesan yang baru Anda terima telah dibaca bahkan sebelum dibuka, yang jelas membuktikan bahwa pesan tersebut tidak dibaca oleh Anda melainkan oleh seseorang yang menguping.

Jadi, Anda merasa sangat salah dan terganggu karena pesan tersebut seharusnya bersifat pribadi tetapi orang lain juga bisa membacanya.

3. Adanya aktivitas mencurigakan di ponsel Anda.

Pesan masuk yang dibaca tanpa dibuka sudah menjadi aktivitas mencurigakan di ponsel anda, bagaimana jika ponsel anda hidup dan mati dengan sendirinya?

Noerma Puspita
Penulis