Cyber

Mengenal Perplexity: Aplikasi Pencarian Berbasis AI yang Bakal Mengancam Google

tekno.fin.co.id - 13/06/2024, 17:40 WIB

Perplexity AI

fin.co.id - Perplexity menjadi aplikasi pencari browser yang bakal mengancam Google. Aplikasi ini makin dilirik karena menggunakan teknologi buatan atau Ai.

Perplexity AI sebuah startup yang mengandalkan kecerdasan buatan yang mampu menelusuri web yang canggih dan chatbot berbasis kecerdasan buatan.

Perplexity Ai dioperasikan oleh perusahaan bernama Perplexity AI yang didirikan bulan Agustus 2022 oleh Andy Kowinski, Denis Yarats, Johnny Ho, dan Aravind Srinivas.

Perplexity AI dapat memberikan pengguna kemampuan untuk mendapatkan jawaban yang relevan sesuai apa yang dicari.

Baca Juga

Mesin pencari ini menggunakan beragam model bahasa besar (Large Language Model/LLM) termasuk model dari OpenAI dan Meta, Llama. Dengan model-model ini, Perplexity AI mampu merangkum informasi dengan efisien dan memberikan jawaban yang kontekstual sesuai dengan kebutuhan

pengguna.

Cara kerja Perplexity Ai berdasarkan pemahaman bahasa alami yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi secara langsung dalam percakapan.

Sistem ini tidak hanya indeks konten internet, tetapi kemampuan ini memberikan jawaban kontekstual.

Perplexity Ai mampu menyesuaian responnya sesuai dengan kebutuhan dan konteks pengguna sehingga meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan teknologi ini.

Keserbagunaan: Perplexity AI tidak terbatas pada menjawab pertanyaan. Ini juga dapat membantu Anda dengan berbagai tugas, seperti:

Baca Juga

Menghasilkan Konten: Perplexity AI dapat membantu Anda membuat berbagai jenis konten, seperti email, surat, laporan, dan bahkan puisi!

Meringkas Teks: Jika Anda memiliki teks yang panjang dan ingin memahami poin-poin pentingnya dengan cepat, Perplexity AI dapat meringkasnya untuk Anda.

Penerjemahan: Perplexity AI dapat menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lainnya.

Jawab-Jawab Pertanyaan: Tentu saja, Perplexity AI tetap unggul dalam menjawab pertanyaan Anda secara informatif dan komprehensif.

Perplexity AI mengumpulkan informasi dari web, ia akan mencantumkan sumbernya. Ini memungkinkan Anda untuk memverifikasi keakuratan informasi dan mempelajari lebih lanjut jika diperlukan

Sehingga aplikasi ini memudahkan untuk kalian mencari apapun secara tepat dan cepat.

Ari Nur Cahyo
Penulis