Tips n Trik

Kenapa Badan Intelijen AS Menyarankan Restart Ponsel Seminggu Sekali ? Ini Alasannya

FIN.CO.ID - Badan Intel AS National Security Agency (NSA) menyarankan kepada pengguna  untuk mematikan dan menyalakan kembali satu minggu sekali.

Ponsel sering menjadi sasaran kejahatan siber, salah satunya bernama zero-click yang dapat digunakan oleh peretas.

Zero-clik ini membuat hacker dapat menyusup dan mencuri data dari ponsel pengguna tanpa disadari.

Zero-click berbeda dengan (malware) pada umumnya yang memerlukan beberapa bentuk interaksi penggu, seperti klik tautan atau unduh aplikasi.

Baca Juga

Serangan zero-click dapat menjangkiti ponsel tanpa interaksi pada pengguna.

Dalam laporan Mobile Device Best Practices, NSA menyarankan untuk mematikan handphone Android dan iPhone untuk restart seminggu sekali.

NSA mengungkapkan bahwa dengan cara tersebut ancaman seperti spear-phising yang bisa menyebabkan pemasangan malware yang lebih banyak lagi dan dapat dicegah oleh pengguna.

Menurut NSA, tindakan restart handphone tidak selalu mencegah terjadinya sebuah serangan pada ponsel. Namun hal tersebut dapat mencegah peretas untuk mencuri informasi dari ponsel pengguna.

"Ancaman terhadap perangkat seluler kian marak dan semakin meningkat dalam hal skala dan kompleksitasnya," kata NSA, seraya mewanti-wanti bahwa beberapa fitur smartphone dapat memberikan kenyamanan dan kemampuan yang baik, tetapi mengorbankan keamanan.

Baca Juga

Admin
Penulis