Gadget

Samsung Bakal Rilis TV Neo QLED 8K: Hadirkan Pengalaman Menonton dengan Teknologi AI

tekno.fin.co.id - 26/03/2024, 11:00 WIB

AI screen di Samsung TV telah digerakkan oleh teknologi AI on-device dan dirancang untuk menjadi pusat yang menghubungkan semua perangkat yang terkait.

FIN.CO.ID - Samsung perkenalkan televisi terbarunya yani Samsung Neo QLED yang memberikan pengalamanan menarik dengan fitur kecerdasan buatan (AI).

Samsung Neo QLED terbagi dalam dua kategori utama berdasarkan kualitas visualnya, yaitu 8K dan 4K. Bisa dilihat dari ukurannya, TV terkecil dari lini Neo QLED adalah 65 inci dan terbesar mencapai 98 inci. 

Setiap modelnya juga sudah dilengkapi dengan fitur canggih, termasuk prosesor kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). 

Berkat dukungan ini, TV Samsung bisa dihubungkan ke perangkat lainnya, namun mekanisme integrasinya belum dijelaskan perusahaan.

BACA JUGA:

AI screen di Samsung TV telah digerakkan oleh teknologi AI on-device dan dirancang untuk menjadi pusat yang menghubungkan semua perangkat di rumah pengguna.

Neo QLED 8K hadir dalam dua model, meliputi QN800D dan QN900D dengan ukuran layar 65 inci sampai 85 inci. 

Keduanya dilengkapi prosesor AI yang disebut NQ8 AI Gen3 dan dengan dukungan itu membuat TV Samsung punya mesin AI yang tertanam di perangkat. 

Sehingga kecepatannya meningkat dua kali lipat lebih cepat dibandingkan dengan pendahulunya.

Prosesor itu juga membuat TV Neo QLED 8K memiliki serangkaian fitur pintar, termasuk AI Upscaling Pro yang membuat konten HD menjadi setara 4K. 

Selain itu, tampilan konten seperti game atau tayangan olahraga juga akan terlihat lebih tajam berkat AI Motion Enhancer Pro. 

BACA JUGA:

Misalnya saat menonton sepak bola, bola yang ditampilkan dalam pertandingan olahraga akan terlihat lebih jelas di layar dan tidak lagi buram.

Ada pula dengan fitur Real Depth Enhancer Pro, peningkatan dari Real Depth Enhancer sebelumnya yang akan meningkatkan detail dan kontras objek di layar. 

Sembari tetap mempertahankan detail background, model QN900D juga mendukung refresh rate hingga 240 Hz sehingga bisa menunjang permainan game dengan resolusi yang mulus.

Aulia Yesella
Penulis