Tips n Trik

Mau HP Awet Bertahun-tahun? Ini Tips Cara Merawatnya

tekno.fin.co.id - 26/03/2024, 09:20 WIB

Banyak penyebab dari kemungkinan penggantian ponsel, salah satunya adalah terjadi kerusakan pada HP yang sedang digunakan dan berikut ini tips merawat nya.

FIN.CO.ID - Sebuah studi telah mengungkap masyarakat Indonesia rata-rata mengganti hp dalam dua tahun sekali.  Hal ini tentu saja menyebabkan jutaan ponsel telah berada di tempat pembuangan sampah setiap tahunnya.

Banyak penyebab dari kemungkinan penggantian ponsel, salah satunya adalah terjadi kerusakan pada HP yang sedang digunakan.

Hal tersebut membuat pengguna akan mengalami kesulitan dalam setiap kegiatan bahkan untuk pekerjaan sekalipun.

Namun sekarang pengguna bisa meminimalisir resiko kerusakan dan membuat ponsel lebih tahan lama dengan melakukan pemeliharaan dan berikut ini merupakan tips agar Hp bisa lebih awet saat dipakai.

BACA JUGA:

1. Memakai Casing

Membawa ponsel dalam keadaan polos meningkatkan risiko kerusakan pada ponsel, sebab banyak kemungkinan ponsel dapat terjatuh, tergesek ataupun tergores.

Oleh karena itu, Hp butuh perlindungan ekstra dengan cara pemakaian casing handphone. 

Saat ini telah banyak juga casing Hp yang bahkan sudah ramah akan lingkungan.

2. Merawat Baterai

Baterai ponsel sering kali menjadi hal pertama yang menunjukkan tanda usia ponsel sudah memudar. 

Hindari mengisi dayanya jika suhu ponsel sedang lebih dari 95 derajat, karena hal ini dapat menurunkan daya baterai dengan cepat dan bahkan menyebabkan kegagalan fungsi didalam HP.

Jika menyimpan ponsel untuk sementara waktu, sebaiknya lakukan dengan daya baterai setengah, daripada penuh atau kosong. 

Sebab, sel Li-ion pada baterai dapat bertahan lebih lama ketika baterai tersebut menghabiskan sedikit waktu untuk daya baterai benar-benar habis atau penuh.

3. Membersihkan Penyimpanan HP

Aulia Yesella
Penulis