Tips n Trik

Cara Jualan Online di WhatsApp, Simak 5 Langkahnya di Sini

tekno.fin.co.id - 05/03/2024, 14:49 WIB

WhatsApp merambah bisnis jual beli online. Sumber foto: google

FIN.CO.ID- Sudah tahu cara jualan online di WhatsApp? Kalau belum tahu terutama bagi kamu yang baru merintis bisnis, coba instal WhatsApp Business.

Penggunaan WhatsApp Business akan memudahkan interaksi pemilik bisnis dan pelanggan melalui fitur-fitur yang tersedia di dalamnya, di antaranya mengautomasi, menyortir, dan membalas pesan dengan cepat.

Dalam perjalanannya WhatsApp Business terus berkembang. Dalam tiga tahun saja, penggunanya melonjak empat kali lipat menjadi 200 juta pengguna aktif.

Nah salah satu fitur andalan WhatsApp Business adalah Katalog. Fitur yang diluncurkan pada 7 November 2019 ini memudahkan penjual dan pembeli untuk mengetahui jenis barang, harga , dan keterangan produk yang dijual. 

BACA JUGA:

Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara mengaktifkan WhatsApp Business, yuk ikuti 5 cara mudah berikut ini. 

1. Unggah dan instal WhatsApp Business

Pertama,  mengunggah WhatsApp Business di App Store atau Google Play Store. Selanjutnya meregistrasi nomor handphone. Jika hanya memiliki satu nomor, kamu akan ditanya apakah yakin menjadikan nomor tersebut sebagai nomor bisnis

2. Isi profil bisnis kamu

Selanjutnya, kamu diminta mengisi nama bisnis dan jenis bisnis, penjelasan usaha dan juga alamat usaha. Begitu ada tampilan chat, di bagian atas akan muncul "Describe your business. Tap to edit". Di sini, kamu diminta mengisi profil bisnis seperti alamat website, lokasi. Kamu juga bisa memberitahu jam operasional usaha di sini. Jika melewatkan pop up notification atau pemberitahuan untuk mengisi profil, kamu bisa memilih titik tiga yang ada di bagian kanan atas. Pilih business settings, business profile, lalu pilih tanda pensil.

BACA JUGA:

3. Mengaktifkan fitur Katalog

Jika kamu ingin mengaktifkan fitur Katalog, kembali ke Business Settings, pilih Katalog. Lalu, pilih add product or service. Pilih add image dan beri nama produk kamu serta harganya. Kamu juga bisa menambahkan keterangan lain dengan mengklik more field. Berikutnya, isi deskripsi produk, tautan ke website atau media sosial, serta kode produk atau jasa.

4. Pesan otomatis untuk menyapa balik pelanggan

Sebagai penjual, tentu tidak ingin membuat pelanggan menunggu. WhatsApp Business memungkinkan penjual menyapa pelanggan saat mereka mengontak kamu. Caranya, pilih titik tiga di pojok kanan atas chat, settings, business settings, pilih greeting message. Aktifkan greeting message dengan swipe (menggeser) ke kanan. Pilih tanda pensil untuk mengubah pesan sapaan.  Kamu juga bisa menentukan kepada siapa pesan itu dikirimkan. Kalau sedang tidak memegang handphone atau mengaktifkan WhatsApp, kamu bisa memberi pesan pelanggan dengan memilih away message. Caranya sama seperti seperti greeting message. Bedanya, kamu bisa mengatur kapan kamu off atau tidak mengaktifkan WhatsApp. Misalnya toko kue sudah tutup dan tidak melayani sejak pukul 21.00 hingga 09.00, tinggal mengubah start time dan end time saja.

Eko Nugros
Penulis