Gadget

Mengenal Aplikasi AI Chat GPT: Sudah Meluncur di Play Store, Ini Linknya

tekno.fin.co.id - 10/02/2024, 09:49 WIB

Aplikasi ChatGPT kini sudah bisa dinikmati melalui aplikasi android yakni Play Store. Foto Pixabay

FIN.CO.ID – Aplikasi ChatGPT kini sudah bisa dinikmati melalui aplikasi android yakni Play Store.

ChatGPT adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna mengajukan pertanyaan secara percakapan atau dalam bahasa alami.

Dirilis oleh perusahaan Amerika OpenAI pada tanggal 30 November 2022, alat ini dengan cepat menarik perhatian akademisi, jurnalis, dan pihak lain.

Hal ini di tengah kekhawatiran bahwa   ChatGPT tidak dapat dibedakan dari teks buatan manusia.

BACA JUGA:

 

Obrolan Model bahasa yang digunakan di GPT menghasilkan teks dengan mempertimbangkan kemungkinan munculnya kata dalam kalimat berdasarkan urutan kata sebelumnya.

Model bahasa GPT-3 yang digunakan oleh ChatGPT dilatih pada sekitar 45 terabyte teks dari Internet untuk menghitung probabilitas kemunculan kelompok kata yang berbeda.

Misalnya, frasa ‘The cat sat on the mat’ lebih mungkin muncul dalam bahasa Inggris dibandingkan ‘The cat is Sitting on the mat’ dan karena itu lebih mungkin dihasilkan oleh ChatGPT.

ChatGPT disebut-sebut sebagai model bahasa yang dikembangkan oleh OpenAI, laboratorium penelitian kecerdasan buatan terkemuka dan merupakan Generative Pre-Training Transformer (GPT), sejenis jaringan saraf yang dirancang untuk tugas pemrosesan bahasa alami berdasarkan arsitektur.

BACA JUGA:

Tujuan utama ChatGPT adalah membuat teks yang menyerupai tulisan manusia dan dapat digunakan dalam berbagai aplikasi seperti chatbots, pembuatan konten otomatis, dan terjemahan bahasa.

Salah satu fitur unik ChatGPT adalah kemampuannya   menghasilkan teks yang menyerupai tulisan manusia.

Hal ini seringkali menimbulkan kekhawatiran sulitnya membedakan antara tulisan manusia dan respon yang dihasilkan oleh perangkat tersebut.

Meski demikian, ChatGPT merupakan salah satu kemajuan dalam pengembangan model bahasa yang canggih dan dapat diterapkan di berbagai bidang komunikasi dan pemrosesan bahasa alami.

Lovvi Malino
Penulis