Games

Mau Cicipi Fitur Peningkat Grafis PS5? Anda Perlu TV Khusus yang Support VRR dan ALLM

tekno.fin.co.id - 11/07/2022, 16:00 WIB

PS5, Image Credit: Sony PlayStation

JAKARTA, FIN.CO.ID - Dalam beberapa bulan terakhir Sony menghadirkan dua update penting, dalam meningkatkan performa grafis konsol game teranyar mereka, aka PS5.

Dengan dua fitur ini, pengalaman gaming di PS5 menjadi jauh lebih sempurna, jika dibandingkan performa awal konsol itu keluar.

Buat Anda yang belum lama ini memiliki PS5, atau baru berniat membelinya dalam waktu dekat, berikut ini yang perlu Anda ketahui soal fitur VRR dan ALLM.

(BACA JUGA: Fixed, Ini Dia Tanggal Peluncuran God of War Ragnarok, Eksklusif PS4 dan PS5)

(BACA JUGA: Horizon Forbidden West Dapet Upgrade Grafis di PS5)

Dan bahwa jika Anda ingin menikmati fitur VRR dan ALLM dengan PS5 , maka Anda akan membutuhkan TV atau monitor khusus yang memang didesain mendukung keduanya.

Fitur pertamanya adalah variable refresh rate atau VRR. Dengan fitur FRR, PS5 tidak cuma tampil dengan gameplay yang lebih smooth, namun mampu meningkatkan kualitas grafis dari PS5 itu sendiri.

Sebab itu, memiliki TV dengan dukungan HDMI 2.1 adalah sesuatu yang mutlak.

Untuk game-game yang sudah beredar di pasaran, optimasi VRR ini akan bisa dinikmati dengan terlebih dahulu mengunduh patch terbaru, yang dikeluarkan para pengembang game.

Oke, setelah VRR, sekarang kita beralih menuju fitur lainnya, yang belum lama ini diaktifkan Sony pada PS5.

Fitur yang satu ini dinamakan auto low latency mode atau ALLM. Dengan update ini, mereka dengan smart TV yang mendukung auto low latency mode akan sangat diuntungkan dengan implementasi ALLM pada PS5.

Buat Anda yang tidak tau apa itu ALLM, dengan fitur ini, visual yang ditampilkan PS5 pada layar TV akan terlihat lebih smooth dan seamless dengan dipangkasnya input lag.

Sekedar mengingatkan, update ALLM ini merupakan update pertama untuk PS5 setelah terakhir kali mendapatkannya sekitar lebih dari sebulan lalu.

Apakah TV Anda Sudah Mendukung VRR dan ALLM?

Jadi jika Anda mendapati fitur ini tidak aktif di PS5 Anda, hal itu menandakan bahwa TV dan monitor yang Anda gunakan, belum mendukung kedua fitur yang dimaksud.

Admin
Penulis